Nah, Siswa SMA/SMK di Jabar Gratis SPP Mulai 2020

Redaktur author photo

inijabar.com, Bandung- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan,biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), akan digratiskan untuk SMA dan SMK mulai tahun ajaran baru pada bulan Juli 2020 mendatang.

"Alhamdulillah bisa dimulainya SPP kalau istilah dulu kalau sekarang namanya Iuran Bulanan Peserta Didik atau IBPD istilah barunya untuk SMA dan SMK negeri," ucap Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (28/11/2019).

Ridwan Kamil menambahkan, selain itu biaya SPP juga akan digratiskan bagi pelajar yang tidak mampu secara ekonomi ataupun masuk ke sekolah swasta karena tidak lolos PPDB. Selain itu, bagi sekolah setingkat Madrasah Aliyah (MA) penyaluran bantuan akan diberikan melalui Kementerian Agama.

"Untuk siswa tidak mampu tidak lolos PPDB kan harus disalurkan ke swasta itu ada bantuan juga untuk membantu mereka bisa sekolah di swasta. Untuk Madrasah Aliyah itu bantuannya sama tapi disalurkan lewat Kemenag," tuturnya.

Gubernur juga menyebut, anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menggratiskan SPP mencapai angka Rp 1,4 triliun tiap tahun. Namun, untuk tahun depan anggaran yang dikeluarkan baru Rp 700 miliar karena SPP baru digratiskan pada pertengahan bulan.

"Ya besar kecil mah relatif ini kan hasil hibah bansos. Dulu-dulu hibah bansos banyak sekali sekarang kita cukupkan efisienkan secukupnya sehingga menemukan ruang Rp 1,4 triliun per tahun untuk menggratiskan SPP. Tapi karena dimulainya di bukan Juli maka 1,4 dibagi dua berarti 700-an dulu,"pungkasnya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini