Konsorsium Masal & APBN Lepas Liarkan Ratusan Burung di Hutan Kota Ranggawulung 

Redaktur author photo

inijabar.com, Subang - Guna menjaga ekosistem keseimbangan alam, Konsorsium Masyarakat Sadar Lingkungan (Masal) bekerjasama dengan Asosiasi Penangkaran Burung Nusantara (APBN) menggelar acara pelepasan burung ke alam bebas di yang dilaksanakan di Hutan Kota Ranggawulung Subang. Sabtu(22/2/2020).

Ketua APBN Korwil Jabar Didin Wahyudin mengatakan, kegiatan pelepasan ratusan burung di hutan Kota Ranggawulung ini murapakan bagian dari pelastarian ekosistem alam.

"Kegiatan ini untuk keseimbangkan ekosistem alam, sekaligus melestarikan burung-burung agar tidak punah" ujar Didin Wahyudin. 

Kegiatan ini, juga sebagai bentuk ajakan kemasyarakat agar masyarakat tidak memelihara burung langka dirumah dan rela melepaskan nya ke hutan bebas.

"Sejauh ini banyak masyarakat memelihara buru dirumah bahkan dijadikan sebagai ajang kontes dan ini tentunya akan mengurangi populasi burung dihutan" Katanya.

Sementara itu Ketua Masal Alam Rantjatan mengaku kegiatan ini sangat baik sekali dan patut diapresiasi oleh semua pihak.

"Kita tahu saat ini banyak warga memelihara buru dirumah, dan dihutan saat ini burung semakin langka populasinya bahkan jarang sekali kita dengar suara burung di hutan," Kata Alam.

Dengan kegiatan ini kami mengajak agar masyarakat ikut peduli terhadap keseimbangan ekosistem alam khususnya di Subang.

"Mari kita jaga dan lestarikan alam kita, kembalikan burung yang kita pelihara di rumah ke alam bebas agar populasi burung di hutan tidak punah," harap Alam.

"Insya Allah Kegiatan ini kedepan akan menjadi agenda rutin tahunan dari Konsorsium Masal bekerjasama dengan APBN Korwil Jabar Dalam kegiatan tersebut, dilepas sekitar 200 ekor burung dengan berbagai jenis, mulai dari Muray, Cicak Ijo,Cangkurileung, Kepudang, jalak dan beberapa jenis burung lainnya.(AN)
Share:
Komentar

Berita Terkini