Siswa MTSN 11 Ciamis Kelola Bank Sampah Kerjasama Dengan Dinas LH inijabar.com
|
Menu Close Menu

Siswa MTSN 11 Ciamis Kelola Bank Sampah Kerjasama Dengan Dinas LH

Selasa, 18 Februari 2020 | 14.43 WIB

inijabar.com, Ciamis- Kegiatan Bank Sampah yang dikelola siswa-siswi MTSN 11 Ciamis mendapat apresiasi dari Pemkab Ciamis. Program Bank sampah sekolah, dinamakan PAKBISA (Paksakeun, Biasakeun, jadi Bisaan) KUPIKO ( Kumpulkeun Pilihan Kokolakeun). Program kegiatan tersebut akhirnya mendapatkan kerjasama dari pihak Dinas DPRKPLH Kabupaten Ciamis.

Menurut guru MTSN 11 Ciamis, Ria Siti Mariah, di sekolah tersebut siswa dibiasakan setiap hari yaitu BawariBrick.

"Yaitu bawa wadah sendiri dan ecobrick, dimana kegunaannya anak jajan tidak pakai wadah plastik lagi, tapi memakai wadah/misting yang dibawa dari rumah- rumah sendiri dan bawa air minum di tubbler,"ujarnya pada inijabar.com. Selasa (18/2/2020).

Selain itu, kata wanita yang menjadi Direktur Bank Sampah MTSN 11 Ciamis ini, sisa bungkus jajanan seperti bungkus permen, snck dan lainnya yang kering mereka masukkan ke botol mineral untuk dijadikan Ecobrick.

"Jadi Ecobric isi botol nya sampah yang tidak di pakai,"ujar Ria.

Perjanjian kerjasama dengan dinas LH Ciamis berisikan kemudahan bagi Bank Sampah MTSN 11 Ciamis untuk menjual ke Bank Sampah Ciamis (BSC).

"MoU dengan Dinas LH tersebut diwakilkan oleh Kepala Seksi Pengembangan Persampahan Kabupaten Ciamis, Nono Warsono dengan pihak MTSN 11. Dan sekolah hampir sudah ketiga kali bisa menjual ke pihak BSC,"pungkasnya.(edo)
Bagikan:

Komentar