|
Menu Close Menu

Anggota DPR Ingatkan Negara Harus Punya SOP Tangani Pasien Covid 19

Jumat, 27 Maret 2020 | 20.44 WIB
Anggota Fraksi PAN DPR RI Daeng Muhammad
inijabar.com, Jakarta- Anggota DPR RI Daeng Muhammad mengajak semua komponen bangsa untuk bahu-membahu dan saling menguatkan dalam kondisi darurat saat ini. Hal ini disampaikan menyusul terjadinya pandemi virus Covid-19 yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

"Negara harus mengerahkan semua potensi yang ada untuk menyelamatkan rakyat dari wabah covid 19, termasuk menyediakan rumah sakit yang memadai agar dapat menangani pasien-pasien yang terpapar virus ini," ujarnya, di Jakarta, Jumat (27/3/20).

Dirinya juga meminta masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah agar menahan diri untuk tinggal di rumah dan melakukan jarak sosial (social distancing).

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tinggal di rumah agar bisa memutus mata rantai penularan virus corona, menghindari kerumunan dan menjauhi tempat-tempat keramain," kata dia.

Daeng menyebutkan, musibah ini bukan hanya tanggung jawab negara dan petugas medis tapi menjadi tanggung jawab bersama semua komponen bangsa.

Terkait fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan pemerintah, seperti rumah sakit darurat Wisma Atlet, anggota Fraksi PAN ini mengaku mendapat keluhan dari masyarakat. 

"Ada keluhan dari masyarakat yang dirujuk ke sana, penanganannya amburadul dan terkesan tidak siap, saya menerima laporan banyak pasien yang dirujuk ke sana terlantar," ungkapnya.

Menurutnya negara harus punya standar baku atau standar operasional prosedur penanganan terhadap pasien yang patut diduga terkena covid 19 jangan sampai lambat ditangani.

"Saatnya sekarang bangsa ini bersatu untuk bersama-sama bangkit melawan Covid 19, termasuk kepedulian sosial terhadap masyarakat ekonomi lemah yang perlu dibantu dan dikuatkan untuk menghadapi kondisi yang sulit ini," harapnya.(*)
Bagikan:

Komentar