Komisi IV Minta Disdik Segera Buat Juklak Juknis PPDB Online SMPN inijabar.com
|
Menu Close Menu

Komisi IV Minta Disdik Segera Buat Juklak Juknis PPDB Online SMPN

Selasa, 28 April 2020 | 21.29 WIB
Komisi IV DPRD Kota Bekasi saat meninjau SMPN 1 Kota Bekasi guna persiapan PPDB Online 2020
inijabar.com, Kota Bekasi- Hampir semua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Bekasi mengaku siap melaksanakan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) 2020.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah saat mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kota Bekasi ke sejumlah sekolah pada Selasa (28/4/2020).

"PPDB Nanti pertengahan Juni 2020 dengan sistem online,"jawab Inayatullah.

Sementara, Sekertaris Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Hj Evi Mafriningsianti menyatakan, kunker ke sejumlah SMP Negeri guna melihat kesiapan PBDB online.

"Iya tadi Komisi IV ke SMPN 1, 2, 3 dan 18. Dan semua sekolah menyatakan kesiapannya terkait penerimaan siswa baru (PBDB) online,"ucap politisi asal PAN ini.

Dirinya menyebut, dewan dan Disdik juga harus mendapat masukan untuk segera diatur juklak dan juknis nya agar bisa disosialisasikan ke semua sekolah.

"Rombel (rombongan belajar) tiap smp rata-rata menyiapkan 9 kelas dengan kapasitas 32 sampai maksimal 40. Memang harusnya kita mendengar ke seluruh smp terkait daya tampung tapi karena kondisi tak memungkinkan, kita (Komisi IV) ambil random saja untuk model,"bebernya. 

Pelaksaan PPDB sesuai, kata dia, jadwal penerimaan siswa baru bulan Juni 2020. Ada beberapa jalur penerimaan seperti zonasi 50 %, jalur afirmasi 15 %, dan jalur prestasi 30 %, sedangkan untuk orang tua pindah tugas sebesar 5%.

"Tadi juga diusulkan oleh komisi IV pendaftaran sekolah bisa kolektif lewat sekolah asal SD nya, dan pilihan sekolah smp maksimal 2 sekolah,"tutur Evi.(*)
Bagikan:

Komentar