|
Menu Close Menu

Ketua PPPN Ciamis; Menanam Porang Jadi Solusi Bagi Petani di Tengah Pandemi

Jumat, 05 Juni 2020 | 21.27 WIB

inijabar.com, Ciamis- Ketua DPC Perkumpulan Petani Porang Nusantara (PPPN) Kabupaten Ciamis Taufan Nugraha mengungkapkan, di tengah wabah pandemi covid 19 saat ini kehidupan ekonomi masyarakat termasuk petani di Dusun Cikatomas blok Purut RT 15 RW 06 Desa Handapherang kecamatan Cijeungjing. 

"Di situasi pandemi covid 19 perekonomian makin terasa berat oleh masyarakat sekarang ini termasuk petani di desa ini. Situasi sekarang ini juga belum bisa diprediksi sebelum pandemi covid 19 selesai,"ujarnya pada inijabar.com. Jumat malam (5/6/2020). 

Para petani di dusun Cikatomas akhirnya memilih menanam umbi Porang untuk keperluan industri olahan makanan.

"Porang ini untuk keperluan bahan- bahan industri bahkan sudah menjadi komoditi ekspor keluar negeri seperti ke Jepang dan China,"tuturnya. 

Para petani pun membentuk sebuah komunitas atau kelompok Porang Purut yang beranggotakan para petani lingkungan setempat. 

Saat ini para petani di wilayah itu sudah menanam hampir 5 ribu pohon. Taufan berharap penanaman porang ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mencapai kemandirian ekonomi masyarakat sekitar dan akan meningkatkan kesejahteraan petani porang dan keluarganya. 

"Nah dari kelompok porang purut ini menjadi cikal bakal terbentuknya pengurus DPC PPPN Kabupaten Ciamis,"tutupnya.(edo)
Bagikan:

Komentar