|
Menu Close Menu

Pemkab Cirebon Segera Wujudkan Desa Digital 

Rabu, 22 Juli 2020 | 21.41 WIB

inijabar.com, Kabupaten Cirebon-
Bupati Cirebon, H.Imron, mengatakan, kunjungannya ke Kecamatan Babakan, bertujuan untuk silaturahmi dan mendengar masukan dari para kuwu dan juga Muspika setempat.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan sejumlah program yang sedang atau berencana dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon.

"Salah satunya yaitu terkait internet desa," ujar Imron, Rabu (22/7/2020).

Sementara itu, Asssisten 1 bidang pemerintahan, Hilmy Riva'i menuturkan, jaringan fiber optik akan segera tersambung diseluruh desa di Kabupaten Cirebon.

Upaya ini, akan menjadikan Kabupaten Cirebon, merupakan daerah pertama di Indonesia, yang seluruh desanya tersambung fiber optik.

"Ini akan menjadi daerah pertama di Indonesia, yang seluruh desanya tersambung jaringan fiber optik," ujar Hilmy.

Dia menuturkan, berdasarkan update perkembangan yang diterima dari Telkom, bahwa saat ini sudah terdapat sekitar 270 desa yang sudah tersambung fiber optik.

Jumlah ini akan terus bertambah, hingga sebanyak 412 desa dan 12 kelurahan di Kabupaten Cirebon, bisa tersambung fiber optik.

Pihaknya mencanangkan, program desa digital harus bisa direalisasikan pada awal tahun 2021 nanti. Ia berharap, ada salah satu desa yang bisa dijadikan percontohan awal untuk desa digital.

"Kalau memungkinkan dan siap, tahun 2021, seluruh desa di Kabupaten Cirebon, menjadi desa digital," ujar Hilmy.

Hilmy mengklaim akan banyak terobosan-terobosan baru yang bisa dilaksanakan. Pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah perbankkan, untuk bisa memfasilitasi sistem perbankkan di Bumdes.

"Nanti bisa narik uang lewat Bumdes. Bisa juga bayar yang lainnya,"kata Hilmy.(fii)

Bagikan:

Komentar