Jelang Kedatangan Wantimpres, Bupati Ciamis Gelar Rakor Forkopimda dan tokoh Lintas Agama

Redaktur author photo

inijabar.com, Ciamis- Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya direncanakan akan mengunjungi Kabupaten Ciamis pada pada Jum’at 20 Agustus 2020. 

Sebagai langkah persiapan menyambut Muhammad Luthfi bin Yahya yang akrab dikenal dengan Habib Luthfi.

Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar rapat koordinasi wawasan kebangsaan guna persiapan penyambutan, dalam rapat tersebut menghadirkan unsur Forkopimda, Tokoh Lintas Agama dan SKPD Terkait di ruang Operation Room Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Selasa (4/8/2020).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin rapat mengungkapkan, tujuan dari kehadiran Dewan pertimbangan presiden Habib Luthfi ke Ciamis dalam rangka penyampaian sosialisasi wawasan kebangsaan.

“Akan hadir secara pribadi Wantimpres Habib Luthfi dalam rangka sosialisasi wawasan kebangsaan dan beliau juga akan mengunjungi tempat peribadatan baik itu, masjid, gereja, kelenteng dan sebagainya untuk bersilaturahmi dengan tokoh lintas agama di Ciamis,” ungkapnya.

Ia mengingatkan dalam pelaksanaan kunjungan Habib Luthfi nanti agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Habib Luthfi akan hadir secara maraton, seperti diterima di beberapa tempat peribadatan di sekitar Ciamis kota.

“Peserta yang dapat menyambut akan dibatasi dan diharapkan hanya tokoh-tokohnya saja yang menghadiri, seperti seorang perwakilan MUI dari kecamatannya saja,” imbuhnya. 

Ihwal keutuhan NKRI, Herdiat menegaskan Pemerintah Kabupaten Ciamis telah menyepakati bahwa keutuhan NKRI harus dipertahankan.

“Pengamalan Pancasila dan UUD’45 agar tetap konsisten dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Kita harus saling menghormati dan menghargai kebhinekaan dari berbagai suku dan agama baik secara nasional maupun regional agar terciptanya kondusifitas,” ujarnya.

Menurutnya, dalam mewujudkan ketertiban dan keutuhan NKRI merupakan tugas kita bersama.

“Mengharapkan saling menghormati dan menghargai untuk keutuhan NKRI dan kondusifitas daerah,” peran umat agar tetap rukun menjaga ketertiban ada ditangan kita semua.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Donni Eka Syaputra menyampaikan, dalam kegiatan kunjungan Wantimpres yang akan datang direncanakan Gubernur, Kapolda dan Pangdam direncanakan akan datang mendampingi Habib Luthfi di Ciamis.

“Polres Ciamis siap membantu semaksimal mungkin, dalam kegiatan kunjungan yang akan dilaksanakan nantinya,” tutupnya.(edo)


Share:
Komentar

Berita Terkini