Hujan Deras, Puluhan Rumah di Desa Ciparay Terendam Banjir

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Intensitas hujan tinggi melanda wilayah Kabupaten Ciamis salah satunya di Desa Ciparay kecamatan Cidolog akibatnya air tak tertampung sungai hingga meluap berujung puluhan rumah warga terendam banjir.


Banjir terjadi yaitu di Dusun Pabuaran RT 01 RW 03 Desa Ciparay Kecamatan Cidolog ini diakibatkan curah hujan yang tinggi di daerah tersebut sehingga mengakibatkan meluapnya debit air sungai ciseel sehingga merendam puluhan rumah yang ada di sekitar sungai ciseel tersebut. Demikian di sampaikan Camat Cidolog Otong saat media mengkonfirmasi melalu pesan Whatsapp,Rabu(14/04/2821).


Otong mengatakan, hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Cidolog turun sekitar pukul 15:00 WIB adapun banjir besar terjadi sekitar pukul 17:00 dan banjir mulai surut sekitar pukul 20:00 wib.


“Akibat curah hujan yang tinggi sungai ciseel tidak dapat menampung debit air dan meluap ke pemukiman penduduk karena diakibatkan adanya pendangkalan sungai ciseel. Alhamdulillah untuk korban jiwa tidak ada tetapi untuk kerugian jelas ada namun belum bisa dipastikan berapa kerugian yang dialami oleh warga,”ujarnya.


Di jelaskan Otong, Warga yang menjadi korban tidak ada yang sampai mengungsi tetapi ditampung sementara di kantor desa Ciparay sambil menunggu banjir benar benar surut, untuk pasokan air bersih saat ini diperoleh dari sumur yang ada di mesjid jami desa Ciparay.


“Ada sekitar 4 rumah yang terendam di dusun pabuaran sedangkan didusun ciparay ada sekitar 28 rumah dan kurang lebih 5 ha sawah terendam banjir,"terangnya.


"Kami beserta pemerintahan desa, BPBD, Tagana TNI dan Polri terus membantu warga serta bersiaga dan memantau perkembangan dengan cara turun langsung ke lokasi serta memantau warga yang tekena musibah banjir,"ucapnya.


Menurut dia, agar tidak terjadi banjir harus ada upaya antara lain mencegah erosi di hulu sungai dengan reboisasi dan pengawasan penebangan hutan, juga harus ada normalisasi aliran sungai melalui pengerukan sungai yang telah mengalami pendangkalan,(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini