Air Sungai Citarum Karawang Tiba-tiba Menghitam

Redaktur author photo




Inijabar.com, Karawang- Air Sungai Citarum Kamis terlihat  berwarna hitam, entah disebabkan oleh apa Namun menurut salah satu warga Sungai Citarum menghitam terlihat sekitar jam 10 pagi tadi, pertama Ia melihat warna Sungai mulai menghitam di sekitar Kp.Poponcol Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat.


Namun setelah Ia telusuri, ternyata aliran sungai yang sudah berwarna hitam tersebut berasal di sekitar "Jembatan Gantung" Teluk Jambe Timur.


"Entah dari mana air sungai yang biasanya terlihat bersih, tiba - tiba hari ini terlihat menghitam,"ujar warga di lokasi, Ezad (30) Kamis (6/5/2021).


Kejadian yang sempat viral di Media Sosial ini pun langsung ditanggapi dengan sigap oleh Komandan Sektor 18 Citarum harum, Kolonel.Infanteri.Moch Ridwan,.S.Ip selaku orang yang diberi mandat langsung oleh Presiden untuk menjaga kelestarian Sungai Citarum, bahwa kejadian tersebut mungkin terjadi akibat dari naiknya sedimentasi dasar sungai yang sebelumnya sudah tercemar, sehingga merubah warna asli sungai.


Tapi untuk pencemaran limbah yang dilakukan oleh perusahaan - perusahaan nakal, Ia pastikan pihaknya selalu melakukan patroli rutin bahkan melakukan sidak - sidak dadake perusahaan - perusahaan yang limbah sisa produksinya dibuang ke Sungai Citarum.


Bahkan Ia juga memastikan bagi perusahaan - perusahaan yang terbukti nakal dan membuang limbah sisa produksinya ke Sungai Citarum dengan kadar baku airnya dibawah standar yang diharuskan, pihaknya sudah menutup sementara beberapa perusahaan nakal tersebut, hingga air limbah yang dibuagnya, sesuai dengan kadar baku air yang sudah ditetapkan.


"Untuk di sektor 18 Citarum Harum yang menjadi tanggung jawab kami, Saya pastikan tidak ada tempat bagi pabrik - pabrik nakal yang membuang limbah sisa produksinya seenaknya ke Sungai Citarum yang kami jaga ini, apalagi hingga melakukan pencemaran,"tegasnya.(pik)

Share:
Komentar

Berita Terkini