Bupati Ciamis Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1442 H

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Persiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Rabu (05/5/2021). 


Sebagai tanda peresmian operasi ketupat tahun 2021, dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis sematkan pita kepada 4 orang perwakilan secara simbolis.


Mengawali sambutannya Herdiat menyampaikan tren kasus Covid-19 di indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.


Disampaikan dia, pelaksanaan apel tersebut  dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


"Penyelenggaraan Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021". Jelas Bupati. 


Bupati menuturkan tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19. 


Selanjutnya, Bupati memaparkan, dalam pelaksanaan OPS Ketupat-2021 ini jumlah personel yang terlibat sebanyak 155.005 pers gabungan terdiri atas 90.592 personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya seperti satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja serta yang lainnya. 


"Personel tersebut akan ditempatkan pada 381 Pos penyekatan untuk mengantisipasi masyarakat yang masih berniat dan akan melaksanakan mudik, " Ungkapnya. 


Selanjutnya, 1.536 Pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas, serta 596 Pos pelayanan dan 180 Pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata dan yang lainnya. 


Dalam kesempatan tersebut, Bupati beramanat agar pengamanan tersebut tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi dimasa pandemi covid-19 saat ini.


"Kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran covid-19 ". Ucap Bupati


Terakhir, Bupati berharap agar capaian tersebut dapat terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Polri untuk lebih mempersiapkan diri serta memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2021 ini.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini