Cabai Sukabumi Perkuat Pasokan Cabai Jabodetabek Selama Nataru 2022

Redaktur author photo



inijabar.com, Kabupaten Sukabumi- Natal dan tahun baru 2022 segera tiba dalam hitungan jam. Hal ini terus memacu Kementerian Pertanian terus memastikan ketersediaan pangan seantero negeri. 


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memerintahkan jajarannya untuk mendeteksi daerah mana yang surplus dan berpotensi defisit. 


Berdasarkan data yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Hortikultura, ketersediaan cabai besar pada Desember 2022 hingga Januari 2023 masih surplus. Produksi cabai besar nasional pada Desember 2022  diperkirakan 96.701  ton sedangkan kebutuhan 83.054  ton. 


Dengan demikian terhitung surplus senilai 13.647  ton. Sementara itu, produksi cabai besar bulan Januari 2023 sebesar  101.088 ton dengan kebutuhan diperkirakan 82.812  ton, atau surplus 18.276 ton.

[cut]


“Kita kerap menghadapi situasi iklim yang tidak menentu. Meskipun demikian pasokan cabai masih tetap berlangsung terutama dari sentra dataran tinggi baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa, seperti  Jabar, Jateng, DIY, Jatim,  Bali, Sumbar, Sumut, Aceh, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Lampung, NTB , Sulut, Sulteng dan Gorontalo,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto, Sabtu (24/12/2022).


Guna menjaga kontinuitas pasokan hingga periode selanjutnya, lanjut Prihasto, baru-baru ini Ditjen Hortikultura memfasilitasi benih cabai  bentuk seedling. 


“Tahun 2022, sebanyak  5 juta seedling cabai  telah disalurkan ke 11 kabupaten  sentra  yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY. Jadi sebenarnya, berbicara pasokan maka sebenarnya kami selalu mempersiapkan jauh-jauh sebelumnya,” terang Prihasto. 


Sukabumi merupakan salah satu kabupaten yang menerima bantuan seedling cabai.  Sebanyak 30 ha setara 60 ribu  seedling telah didistribusikan kepada 30 kelompok tani yang tersebar di 9 kecamatan terdiri dari Sukalarang, Sukaraja, Kadudampit, Purabaya, Simperan, Cisolok, Gegerbitung, Sukabumi, dan Caringin. Bantuan tersebut diharapkan dapat menambah pasokan cabai  pada Maret 2023 dari Kabupaten Sukabumi ke pasar di Jabodetabek. 

[cut]



Kepala Bidang Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Deni Ruslan mengatakan bahwa potensi lahan aneka cabai di Kabupaten Sukabumi per tahun seluas 3.000 ha yang tersebar di 47 kecamatan. Salah satu sentra cabai keriting dan cabai rawit berada di Kecamatan Kadudampit.


“Kami memiliki potensi yang cukup besar. Dengan demikian dapat kami sampaikan bahwa kebutuhan cabai di Sukabumi pada nataru tahun ini aman. Bahkan setiap harinya kami memasok cabai  sebanyak 3 – 4 truk  atau setara dengan sekitar 10 ton ke Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Cibitung, Pasar Induk Tanah Tinggi  Tangerang, Pasar  Induk Bogor dan pasar lainnya di Jabodetabek,” terang Deni, sapaan akrabnya. 


Turut mengamini, Koordinator BPP Kecamatan Kadudampit, Mamat Setiawan  mengatakan bahwa hampir 80 persen lahan yang ada ditanami cabai. “Cabai Kadudampit berkontribusi besar terhadap pasokan aneka cabai dari petani Sukabumi ke Pasar di Jabodetabek. Hal ini bentuk komitmen kami beserta petani untuk mengamankan pasokan dalam setiap musimnya,” pungkasnya.*



Share:
Komentar

Berita Terkini