Olah Raga Tradisional Mendunia, Pengurus Portina Kota Bekasi Dilantik

Redaktur author photo



Pelantikan Pengurus Portina Kota Bekasi


inijabar.com, Kota Bekasi- Portina (Persatuan Pelestari  Olahraga Tradisional Indonesia) Kota Bekasi resmi dibentuk dengan dilantiknya jajaran kepengurusan yang dinahkodai Santi Damayanti. 


Pelantikan organisasi terbaru ini dilaksanakan di Graha Harti pada Jumat (24/2/2023).



Pada sambutannya Ketua Portina Kota Bekasi Santi Damayanti menjelaskan, dalam sejarah Indonesia, pasca kemerdekaan, olahraga telah mempersatukan bangsa ini . Salah satu upaya pendiri bangsa kita untuk mempersatukan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan adalah melalui olahraga, yaitu melalui diselenggarakannya PON tahun 1948 yang bertujuan memelihara, mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. 


“Melekat di hati dan pikiran saya, sambutan Pak Plt dalam musorkot kota Bekasi, 2 hari yang lalu. Olahraga adalah Pride, kebangaan,  putra putri daerah  berlomba lomba menjadi yg terbaik melalui olahraga, aapun olahragny,"ujar Santi.

[cut]



Dirinya menambahkan, sejak digulirkannya UU No 3 Tahun 2005, tentanng Sistem Keolahragaan Nasional, perhatian  pemerintah untuk memunculkan dan melestarikan olahraga tradisional semakin terlihat


"Hal ini terlihat dari event-event resmi dari tingkat kota sampai tingkat nasional.  Kini, pecinta budaya dan pelaku olahragaa atau permainan tradisional sudah bisa berrestasi,"terang Santi.


Olahraga Tradisional, kata Santi, adalah unsur penting dalam cikal bakal nasionalisme bangsa karena olahraga tradisional dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia.


"Perbedaan usia, perbedaan jenis kelamin, perbedaan latar belakang ekonomi, perbedaan latar pendidikan dan lainnya, . segala perbedaan yang ada dapat ditepis  melalui olahraga tradisional. Karena olahraga tradisioanl tidak mempunyai batasan usia,"tutur Santi.

[cut]


Portina kota Bekasi, lanjut dia, bertekad mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui olahraga tradisional, melestarikan budaya Indonesia, membina dan kembangkan kearifan budaya lokal.


"Namun kami tidak bisa sendiri. Saya, Ketua Umum Portina Kota Bekasi, mengajak masyarakat kota Bekasi bersama-sama melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional, dan bersama membela Kota Bekasi membela Jawa Barat dalam berbagai event olahraga tradisional dari tingkat kota sampai tingkat nasional, bahkan tingkat internasional,"pungkasnya.(*)


Share:
Komentar

Berita Terkini