Pengamat Perbankan Sebut Uang Elektronik Diprediksi Jadi Primadona Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Redaktur author photo


Pengamat Perbankan Husnul Khotimah


inijabar.com, Kota Bekasi - Uang elektronik (e-money) diprediksi akan menjadi primadona bagi warga yang melaksanakan perjalanan mudik lebaran. 


Selain mudah dipenggunaannya dengan fitur atau aplikasi tertentu, tingkat keamanannya pun bisa lebih terjamin bila dibandingkan membawa uang tunai atau cash. 


Pengamat Perbankan,  Husnul Khatimah mengungkapkan, jika dilihat saat ini atau trennya, untuk di perjalanan mudik menggunakan uang elektronik, baik untuk membayar tol maupun melakukan aktivitas berbelanja. 


"Trennya memang saat ini penggunaan uang elektronik untuk berbelanja maupun membayar sejumlah kebutuhan selama mudik lebaran," katanya, Rabu (5/4/2023).


Ia pun menjelaskan, selama perjalanan mudik akan lebih banyak menggunakan uang elektronik di toko-toko yang ditemui di rest area maupun wilayah yang sudah terakses jaringan mesin EDC. 


"Terkecuali pada daerah yang belum terjangkau dań belum terbiasa dimana masyarakatnya hanya mau menerima alat bayar tunai, maka mau tidak mau harus menyediakan uang tunai," jelasnya. 


Dengan penggunaan uang elektronik tersebut, hal ini akan menambah perputaran uang cash di wilayah luar ibu kota. Dan efek aktivitas mudik ini diharapkan juga menambah penyebaran uang dan meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat secara lebih luas.


"Intinya, efek dari aktivitas akan menambah serta meningkatkan perekonomian masyarakat secara luas," tutupnya.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini