Bupati Ciamis Pesan Pada Jamaah Haji Asal Ciamis Jaga Kesehatan

Redaktur author photo


Bupati Ciamis saat memberikan arahan pada jamaah haji Ciamis.


inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Yana D Putra beserta Jajaran Forkopimda melepas secara resmi keberangkatan jemaah calon haji kloter 12 asal Kabupaten Ciamis, pada Sabtu (27/5/2023). bertempat di Gedung KH. Irfan Hielmy. 


Diketahui, pada pemberangkatan jemaah calon haji Ciamis kloter  12 tersebut sebanyak 400 orang jemaah, yang terdiri dari 392 Calon Jemaah dan 8 orang petugas. 


Dalam sambutannya, Herdiat titipkan dua hal pada jemaah calon haji Ciamis yang akan melaksanakan ibadah haji ke Baitullah tahun ini. 


Pertama Herdiat titipkan agar para jemaah senantiasa menjaga kondisi fisik, mengingat ibadah haji bukan merupakan ibadah yang mudah, apalagi jutaan umat muslim dari seluruh dunia berkumpul disana. 


"Yang pertama tentu harus menjaga kondisi fisik, ibadah haji memerlukan fisik yang kuat apalagi disana berkumpul umat Muslim daru seluruh dunia,"ucapnya. 


"Kalau fisiknya tidak kuat, dikhawatirkan pelaksanaan ibadah hajinya tidak akan sempurna," sambungnya. 


Selanjutnya, Herdiat menerangkan, cuaca di Mekkah maupun di Madinah berbeda dengan di tanah air, dimana kalau cuaca panas akan sangat panas dan ketika dingin tentu sangat dingin. 


"Cuaca disana cukup ekstrem, suhunya sudah lebih di atas 40 derajat celcius, di Ciamis paling tinggi 30 derajat itu pun sudah tergolong tinggi," ujarnya. 


Oleh karenanya, ia berpesan agar para jemaah haji dapat makan dan minum secara teratur dengan mengutamakan makanan yang bergizi dan agar terhindar dari dehidrasi. 


"Kadang panas terik, kadang sangat dingin maka saudara semua harus kuat, diantaranya makan minum teratur utamakan yang bergizi, juga menjaga agar tidak dehidrasi," pesan Herdiat. 


Kemudian yang kedua, Dis menitipkan agar para jemaah haji dapat meluruskan niat dengan semata-mata melaksanakan ibadah karena Allah SWT dan melupakan semua permasalahan duniawi. 


"Laksanakan ibadah dengan tenang dan khusu', lupakan semua permasalahan duniawi dan apapun yang terjadi tetap luruskan niat," tandas Herdiat. 


"Kami jajaran Pemda turut mendo'akan mudah-mudahan bapak ibu sehat, panjang umur dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,"pungkasnya. 


Untuk diketahui, pada kloter ini untuk jemaah calon haji termuda berusia 18 tahun dan yang tertua 94 tahun yang sama-sama berasal dari Kecamatan Lakbok. (Dicky)

Share:
Komentar

Berita Terkini