Kepsek Sekolah Negeri di Kota Bekasi 'Putar Otak' Atasi Kekurangan Guru

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bekasi- Banyaknya guru di SD Negeri dan SMP Negeri di Kota Bekasi yang memasuki masa pensiun membuat pihak sekolah harus memutar otak agar proses belajar mengajar tetap berjalan sebagaimana mestinya.


Dinas Pendidikan Kota Bekasi pun membenarkan kekurangan guru di sekolah SDN dan SMPN karena banyak yang pensiun. Total kebutuhan guru yang harus terpenuhi sebanyak 1600 guru.


Dari wawancara dengan sejumlah kepala sekolah di Kota Bekasi contohnya seperti di SMP Negeri 2 Kota Bekasi yang harus menambah jam mengajar guru sebagai salah satu solusi sementara yang digunakan untuk mengcover guru-guru yang pensiun.


"Untuk tahun ini (2023) ada beberapa guru yang pensiun termasuk saya,"ucap Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kota Bekasi Rudy Winarso saat dikonfirmasi redaksi inijabar com. Rabu (10/5/2023).

[cut]



Dijelaskan dia, tahun 2022 ada  3 guru yang pensiun dan tahun 2023 ada 3 guru sedangkan di tahun 2024 ada 4 guru yang masuk masa pensiun.


"Belum ada (guru baru.red) ,karena udah terlalu banyak yang pensiun dan belum ada pengganti atau penempatan guru pns/TKK,"ungkap mantan ketua MKKS SMP Negeri se Kota Bekasi ini.


Rudy menceritakan untuk penanganannya sambil menunggu guru pengganti, dengan cara memaksimalkan mengcover atau menambah jumlah jam mengajar guru yang ada. Walaupun tidak linier dengan latar belakang bidang study nya,"ujarnya.


Saat ditanya apakah guru yang ditambah jam mengajar nya tersebut dikasih honor tambahan sebagai kompensasi. Rudy menegaskan, tidak ada honor. Guru yang ditugaskan tersebut ikhlas ditambah jam mengajarnya.

[cut]



"Apalagi khususnya di SMP Negeri banyak guru yang lolos P3K penempatanya justru di SD. Sehingga semakin berkurang tenaga guru yang ada. Dan jika ada kepala sekolah yang pensiun kan penggantinya diambil dari guru. Nah ini kan mengurangi lagi jumlah guru,"papar Rudy.


"Semoga saja segera ada solusi dari Pemerintah karena sudah jadi masalah Nasional tidak hanya di Kota Bekasi,"harapnya.


Senada dikatakan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Bekasi Mukti W Isra yang menyebut di bulan April 2023 ada guru yang pensiun. Termasuk bulan Agustus 2023 juga ada


"Bulan April dan nanti bulan Agustus ada lagi (pensiun. red). Mereka guru bidang study IPA, bahasa sunda,"tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua MKKS SMP Negeri se Kota Bekasi ini. Rabu (10/5/2023).

[cut]


Sekedar diketahui di SMP Negeri 13 Kota Bekasi ada 5 orang guru yang akan pensiun diantaranya guru bidang study bahasa Inggris 2 orang, guru IPS 1 orang, guru Bahasa Indonesia 1 orang, dan Staf Kaur 1 orang.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini