Menakar 4 Caleg Artis 2024 di Dapil Kota Bekasi-Depok, Baru Lucky Hakim Yang Berhasil Lolos

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bekasi- Usai penutupan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) pada 14 Mei 2023 lalu tercatat ada empat artis yang ikut berkompetisi menuju kursi DPR RI khususnya di daerah pemilihan (dapil) Kota Bekasi dan Kota Depok.


Keempat pesohor tersebut diantaranya, Dedi Miing Gumelar dari Partai Gelora, Choky Sihotang dari Partai Nasdem, Vicky Prasetyo dari Partai Perindo serta Zora Vidyanata dari PKB. Ditambah Inggrid Kansil dari Partai Demokrat.


Mereka akan mencoba bersaing dari sejumlah Bacaleg Incumbent seperti Mahfud Abudrahman dari PKS, Nuroji dari Gerindra, Weny dari Partai Golkar dan Hj.Intan Fauzi dari PAN.


Tentu tidak mudah bagi para publik figur tersebut untuk mematahkan hegemoni para Bacaleg incumbent terlebih di dapil tersebut hanya memperebutkan 6 kursi DPR RI.


Apalagi jika melihat hasil pemilu sebelum nya suara dominan PKS dan PDIP selalu berebut untuk mendapatkan 2 kursi di dapil ini. Pada Pileg tahun 2014-2019 PDIP berhasil mendapatkan 2 kursi. Lalu di Pileg 2019-2024 giliran PKS yang mendapatkan 2 kursi sedangkan Golkar dan Gerindra selalu menempati kursi ke 3 dan ke 4 termasuk PAN yang menempati kursi ke 5.


Sejak era pemilu dengan sistem terbuka bukan sistem nomer urut. Artis pertama yang berhasil lolos di dapil Kota Bekasi-Depok baru Lucky Hakim yang saat itu masih di PAN menempati kursi terakhir atau ke 6.

Lucky Hakim saat menjadi anggota DPR RI dari PAN pada 2014-2019


Itupun keberhasilan Lucky Hakim karena usai bertarung di Pilkada Kota Bekasi pada tahun 2012. Artinya sudah punya modal elektabilitas suara dan tidak hanya dikenal karena keartisannya. Selain itu caleg lain di internal PAN juga bagus dan memperoleh suara sangat signifikan untuk PAN saat itu mendapatkan 1 kursi DPR RI.


Namun demikian bukan berarti peluang lolos ke Senayan sudah tertutup bagi ke empat artis yang akan berlaga di Februari 2024 itu. Tergantung strategi di partai masing-masing untuk menempatkan Caleg yang mumpuni sebagai pelapis untuk mendulang suara. Selamat berkompetisi meraih kepercayaan publik.(*)


Share:
Komentar

Berita Terkini