Skill Guru SMAN 14 Kota Bekasi di Upgrade Soal IT

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bekasi - Dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) skill guru SMAN 14 Kota Bekasi diupgrade kemampuannya dalam hal pelatihan pemanfaatan software pendukung dalam pembuatan artikel ilmiah terpublikasi.


Dari penuturan Ketua Pelaksana, Herlawati, proses pelatihan ini dilakukan secara onsite dan disampaikan langsung oleh dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Herlawati, Prima Dina Atika dan Andy Achmad dan bekerjasama dengan dosen Fakultas Teknik Universitas Islam 45 Bekasi.


"Kegiatannya dilakukan secara onsite," tuturnya singkat.


Lanjut dia, seperti software pendukung pembuatan artikel ilmiah adalah sebuah aplikasi yang membantu penulis dalam menulis artikel ilmiah dengan lebih efisien dan efektif. 

[cut]



"Software ini biasanya memiliki fitur untuk mengelola referensi, menulis catatan, meninjau ulang tulisan dan memformat tulisan sesuai dengan standar akademik yang diperlukan," jelasnya.


Ia pun mencontohkan beberapa software pendukung pembuatan artikel ilmiah yang popular, antara lain Mendeley, EndNote, Zotero dan Microsoft Word.


Kata dia, melalui kegiatan ini, ada solusi yang dapat diberikan dalam hal pemanfaatan software pendukung serta mampu melakukan membuat artikel ilmiah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam pemanfaatan software tersebut, diantaranya Mendeley dan ChatGPT. 


Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, Herlawati berharap kedepannya dapat meningkatkan kompetensi guru-guru dalam hal publikasi artikel ilmiahnya yang biasanya hasil publikasi tersebut diperlukan untuk pengurusan kenaikan pangkat. 

[cut]



Dengan memahami cara membuat artikel ilmiah, guru-guru SMA dapat meningkatkan kemampuan akademik, menjadi contoh yang baik bagi siswa, menyediakan sumber daya serta berkontribusi pada penelitian dan pengembangan pendidikan. 


"Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan siswa yang lebih kompeten serta terampil," tegasnya.


"Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada Guru SMAN 14 Kota Bekasi tentang pemanfaatan software yang dapat mendukung dalam pembuatan artikel ilmiah sampai bisa terpublikasi dengan baik," ujar ujarnya.


Sementara itu, Rahmadya Trias Handayanto yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Komputer Universitas Islam 45 Bekasi dibantu Haryono, menjelaskan tentang Penulisan Artikel Ilmiah yang Dapat Dipublikasikan dan Pemanfaatan Software Mendeley Dalam Artikel Ilmiah dilanjutkan oleh Herlawati menyampaikan tentang penyesuaian artikel ilmiah dengan template jurnal.

[cut]



Materi selanjutnya lebih mengarah kepada praktik secara langsung tentang ChatGPT Untuk Penulisan Karya Ilmiah, Perplexity Untuk Paragraph Bersitasi, Speedwriter Untuk Paraphrase, Speedwriter Creative Untuk Pengembangan Paragraf. Materi tersebut dipaparkan Malikus Sumadyo dibantu Retno Nugroho Whidhiasih. yang merupakan dosen Universitas Islam 45 Bekasi dan Prima Dina Atika. 


Dalam pemaparannya, Malikus Sumadyo menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan software berbasis AI saat ini bisa sangat membantu guru-guru dalam pembuatan artikel ilmiah yang berkualitas.


"Pemanfaatan sofware berbasis AI ini bisa membantu guru-guru dalam pembuatan artikel ilmiah yang berkualitas," paparnya.


Di tempat yang sama, Andy Ahmad, yang menjelaskan tentang prosedur publikasi karya ilmiah yang dibantu dosen Universitas Islam 45 Bekasi, Inna Ekawati dan Dadan Irwan menuturkan, atikel ilmiah berfungsi agar bisa dibaca oleh orang lain dan memotivasi penelitian-penelitian selanjutnya, maka artikel tersebut harus terpublikasi dengan baik disebuah jurnal yang bereputasi.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini