Ini Kriteria Pengganti Ridwan Kamil Versi DPRD Jabar

Redaktur author photo

 

Ilustrasi


inijabara.com, Kota Bandung- Menjelang berkahirnya kepemimpinan Ridwan Kami dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada 20 September 2023 nanti.


Tiga bulan sebelumnya DPRD Jabar akan mengusulkan sosok Penjabat (Pj) Gubernur yang akan bertugas hingga keluar hasil Pilgub Jabar pada Oktober 2024.


Ketua Komisi 1 DPRD Jabar, Bedi Budiman mengaku sudah membicarakan kriteria yang pantas memimpin provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.


Bedi menuturkan, nama-nama yang akan diusulkan sebagai Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil pada prinsipnya baru akan ditentukan pada September 2023.

[cut]



"H- sebulan itu DPRD bersurat tentang habis jabatan Gubernur Jabar. DPRD hanya mengusulkan. Sesuai pelajaran kemarin, usulan dari DPRD Tasikmalaya ternyata keputusa diluar DPRD. Mendagri punya hak juga," tutur Bedi, Rabu, 31 Mei 2023.


Dirinya menambahkan, DPRD Jabar kemungkinan akan memilih sosok-sosok yang berkompeten dan tidak asal pilih. Pasalnya, Pj Gubernur Jabar nantinya akan memimpin selama satu tahun lebih hingga keluar hasil Pilgub 2024.


Sosok yang akan dipilih nanti, ujar dia, adalah yang memiliki pemahaman Jabar secara kepemerintahan dan segala macamnya. Pasalnya, Jabar memiliki kompleksitas yang tinggi, ditambah Pj Gubernur antinya akan ikut menjaga kondusifitas Pemilu 2024.


"Yang memahami Jawa Barat. Karena Jabar dengan kompleksitas tinggi. Penduduk banyak. Selain itu Pj ini kan hadapi pemilu. Biasanya politik di Jakarta bisa imbas ke Jabar. Jadi Pj sebagai Forkopimda harus bisa cepat adaptasi," tandasnya.

[cut]



Disinggung apakah sosok akan dipilih nanti dari kalangan pejabat di tingkat Provinsi Jabar atau di tingkat pusat, Bedi memastikan hal ini belum bisa disampaikan. DPRD, katanya, baru akan memutuskan pada September nanti. Namun, dipastikannya sosok yang akan dipilih adalah yang memahami Jabar.


Sekedar informasi, masa jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan berakhir pada 5 September 2023. Selain itu ada 15 kepala daerah lainnya di Jabar yang masa jabatannya akan berakhir pada 2023 ini.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini