Ditanya Soal Calon Pj Gubernur Jabar, Jokowi: Apanya Yang Ga Transparan

Redaktur author photo


Presiden Jokowi bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

inijabar.com, Sukabumi- Di sela-sela meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Gerbang Tol Parungkuda, Jumat (4/8/2022). Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditanya soal calon Pj Gubernur Jabar.


Jokowi mengaku hingga kini belum menerima nama ketiga calon yang diusulkan.  


“Belum sampai ke saya. Iya sudah ada (nama calon yang diusulkan), tapi belum sampai ke saya. Tapi, namanya belum tahu. Tapi yang jelas 3,”ujarnya.


Sekedar diketahui, salah satu nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat yang diusulkan tersebut merupakan orang lingkaran Presiden Jokowi yakni Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. 


Jokowi menegaskan, pemilihan penjabat pemerintah akan dilakukan secara akuntabel dan transparan.


Ia menyampaikan, proses pengusulan nama tersebut dimulai dari bawah hingga dibahas dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA).


“Apanya yang gak akuntabel? Apanya yang gak transparan? Masukannya dari bawah semua. Kan dari daerah. Dari daerah ya kan? Ke kemendagri, kemudian naik ke kita di TPA, semuanya terbuka,” jelas Jokowi.


Sebelumnya DPRD Jawa Barat telah mengusulkan tiga nama sebagai calon penjabat gubernur. Sehingga, kini tinggal menunggu usulan tiga nama lain dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Ketiga calon yang diusulkan untuk menggantikan Ridwan Kamil yakni Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin; Direktorat Jenderal Perundangan Kemenkumham Asep Mulyana; dan Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung Keri Lestari.


Masa jabatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diketahui akan berakhir pada 5 September 2023.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini