Sertijab, Pj Bupati Sumedang Anggap Mantan Bupati dan Wabup Sebagai Mentor nya

Redaktur author photo


Pj Bupati Sumedang Herman Suryaman saat sertijab dengan Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023.


inijabar.com, Sumedang- Serah terima jabatan (Sertijab) dari Bupati dan wakil Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Erwan Setiawan kepada Pj Bupati Sumedang Herman Suryaman yang baru dilantik Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin di gedung Sate pada Rabu (20/9/2023) pagi kemudian pada hari yang sama dilakukan Sertijab yang berlangsung khidmat.


Acara Sertijab yang digelar di Gedung Negara, Sumedang, Rabu (20/9/2023) petang dihadiri jajaran Forkopimda dan seluruh OPD (organisasi perangkat daerah).


Herman dalam sambutannya mengupas satu persatu dari ungkapan dalam basa sunda. Pertama tentang ungkapan nyoreang mangsa ka tukang.


"Hari ini ada karena ada hari kemarin, kita sekarang sama-sama berdiri di sini karena sebelumnya ada kepemimpinan pak Dony dan pak Erwan,"ujarnya.


Herman menyatakan, di bawah kepemimpinan pasangan Dony - Erwan ditambah dukungan dari Forkopimda, legislatif dan warga masyarakat menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai juara dengan bukti ada sebanyak 139 penghargaan yang telah diraih.


"Sumedang menjadi juara bukan hanya ditingkat Jawa Barat tapi juga di tingkat nasional. Kabupaten Sumedang telah meraih 139 penghargaan,"tutur Herman.


Menurut dia, Sumedang yang sebelumnya dipandang sebelah mata, saat ini menjadi salah satu kabupaten yang cukup diperhitungkan atas pencapaian di bawah kepemimpinan pasangan Dony - Erwan.


"Pertama soal kinerja pemerintahan kita terbaik nasional kedua, kinerja perencanaan pembangunan kita terbaik nasional kedua, lalu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik indeks kita 3,84 pertama nasional dan hari ini sudah ada 180 kabupaten/kota lebih yang datang (belajar) ke Sumedang,"beber Herman.


Herman mengaku akan bercermin dari kedua mentornya tersebut yang tidak lain adalah duet kepemimpinan dari pasangan Dony - Erwan.


"Dari mentor saya pertama yaitu pak Dony saya belajar tentang visi dan spiritualitas, kemudian dari mentor saya yang kedua yaitu pak Erwan saya belajar tentang sikap tegas dan disiplin," ungkapnya.


Kemudian tentang ungkapan ngaji diri kiwari, dikatakan Herman, ungkapan itu adalah tentang niat.


"Niat saya usai dilantik jadi Pj tadi ada dua, pertama saya niatkan untuk beribadah dan kedua niat kami dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Sumedang,"ungkapnya.


Terkait niatannya itu, Herman pun berkomitmen jika dalam rentang tiga bulan ke depan tidak ada perubahan maka dirinya siap jika harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Pj bupati.


Kemudian tentang ungkapan Pikeun mapag mangsa rek datang, dikatakan Herman, ungkapan itu adalah tentang komitmennya untuk melanjutkan program yang telah ditetapkan oleh pasangan Dony - Erwan yaitu Sumedang Simpati (Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional, dan Kreatif).(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini