Pilkada Ciamis 2024, 'Head To Head' Herdiat Sunarya VS Yana D Putra

Redaktur author photo

 

Herdiat Sunarya dan Yana D Putra akankah head to head di Pilkada Ciamis 2024.

inijabar.com, Ciamis- Jelang Pilkada 2024 Kabupaten Ciamis, kemungkinan akan berhadap-hadapannya Bupati Herdiat Sunarya dengan wakil Bupati Yana D Putera yang wacana akan maju menjadi bakal calon Bupati Ciamis 2024 pada 27 November 2024.

Yana yang juga sebagai Ketua DPD PAN Ciamis boleh berbangga dengan mampu menempatkan 7 caleg nya menjadi anggota DPRD Ciamis pada Pemilu 2024.

Meski ada pernyataan dari Sekretaris DPD PAN Kabupaten Ciamis, Sugianto yang mengatakan belum ada pernyataan resmi soal maju atau tidaknya Yana D Putra menjadi bakal calon Bupati Ciamis 2024.

Namun baleho dan poster bergambar Yana dengan tulisan Calon Bupati Ciamis 2024 sudah terpasang di wilayah Ciamis.

PAN sendiri memperoleh 7 kursi DPRD Ciamis hanya perlu menambah tiga kursi lagi dari partai koalisi untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang Pilkada.

Undang-Undang Pilkada yang mensyaratkan paling sedikit 10 kursi (20%) dari 50 kursi DPRD Ciamis. Dari sisi ini, pencalonan Yana D Putra sebagai Cabup logis dan realistis.

Yana D Putra punya peluang memenangkan Pilkada Ciamis 2024. Walaupun pada Pileg Februari kemarin PAN Ciamis memperoleh suara terbanyak kedua setelah PDIP.

Sementara Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya sebelumnya menyebut akan kembali mencalonkan diri sebagai calon Bupati Ciamis pada Pilkada November 2024 mendatang.

Secara regulasi, Herdiat masih bisa mencalonkan diri sebagai Bupati Ciamis sekali lagi.

Survei terakhir LSI Denny JA yang menyebut, elektabilitas Herdiat relatif tinggi, bahkan di atas 50 persen, menjadi modal bagus untuk meyakinkan Partai Gerindra memberikan rekomendasinya kepada Herdiat.

Di Pilkada 2018 lalu, Herdiat juga diusung, salah satunya oleh partai Gerindra bersama PKS, partai Demokrat, PAN, Nasdem, dan PBB.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini