Herdiat Siap Berhadapan dengan Yana di Pilkada 2024 Atau Tandem Lagi?

Redaktur author photo
Mantan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra akankah berpasangan kembali di Pilkada 2024 atau berhadapan memperebutkan Ciamis 1. 

inijabar.com, Ciamis- Masyarakat Ciamis masih menunggu konstalasi politik menjelang Pilkada 2024. Termasuk soal apakah mantan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya akan kembali berpasangan dengan mantan wakil Bupati Yana D Putra.

Herdiat sendiri sudah mendapat dukungan dari Partai Golkar Ciamis yang dengan tegas mengusung nya untuk maju kembali di Pilkada Ciamis 2024.

Pernyataan dukungan tersebut dikatakan langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Ciamis Trian Slamet Triyana pada media beberapa hari lalu.

"Kalau Partai Golkar sejak awal sudah sepakat dengan DPD Jabar dan pusat kita usung Herdiat Sunarya jadi bakal calon Bupati Ciamis di Pilkada 2024,"ucapnya. Jumat (19/4/2024).

DPP Golkar kata dia, sudah memberikan surat tugas kepada Herdiat untuk maju menjadi Bupati Ciamis di Pilkada 2024, meski surat rekomendasi belum turun.

"Kita hanya usulkan satu nama pak Herdiat dan DPP sudah setuju. Sekarang sedang survei dari tanggal 15 April sampai Mei. Yang disurvei Pak Herdiat. Tidak ada pendaftaran," jelas Trian.

Sementara Herdiat Sunarya pernah menyatakan siap berhadapan dengan Yana D Putra di Pilkada Ciamis. Jika Yana berkeinginan maju menjadi calon Bupati Ciamis.

Namun demikian, Herdiat belum mau memastikan adanya kemungkinan kembali bersatu dengan Yana di Pilkada 2024.

Sekedar diketahui, Herdiat saat ini tidak menduduki posisi partai manapun mengingat sebelumnya Herdiat adalah seorang PNS.

Namun Trian berkeyakinan dalam catatan DPP Golkar, Herdiat masih kader Partai Golkar.

"Jadi tidak salah mengusung kader Golkar yang ada di eksekutif. Kader Golkar ada di internal ada yang diluar. PNS, Tentara dulu pensiun masuk ke Golkar. Kalau pak Herdiat tidak ke partai lain," pungkasnya.

Sementara itu, Yana D Putra yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Ciamis belum memberikan keterangan resmi apakah akan maju mencalonkan diri sebagai Bupati Ciamis atau kembali berpasangan dengan Herdiat kembali sebagai Calon Wakil Bupati Ciamis 2024.

Di sisi lain PKS Ciamis memilih akan mengusung kadernya sebagai Bupati Ciamis meski pun jumlah perolehan kursi masih harus berkoalisi dengan parpol lain untuk mendapatkan kunci persyaratan dukungan partai. 

Ada dua nama bakal calon Bupati yang diumumkan oleh PKS. Yakni Didi Sukardi dan Dede Herli.

Diketahui, Didi Sukardi tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan kini terpilih untuk ketiga kalinya. Didi juga sebaliknya pernah 2 kali terpilih di DPRD Ciamis. Sedangkan Dede Herli saat ini tercatat sebagai wakil DPRD Ciamis dan kini terpilih kembali.

Sedangkan untuk Partai PDI Perjuangan dan Partai Demokrat Ciamis memilih untuk membuka pendaftaran penjaringan.

Dari hasil Pileg 2024, PDIP dan PAN sama-sama memperoleh 7 kursi, Golkar 5 kursi, PKS 5 kursi, Gerindra 6 kursi, Demokrat 6 kursi, PKB 4 kursi, Nasdem 4 kursi, PPP 3 kursi.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini