Mengenal Sejarah Olahraga Yang Tidak Butuh Sorak Sorai Suporter Ini

Redaktur author photo

inijabar.com, Jakarta- Berbeda dengan jenis olahraga lain yang penuh dengan sorak sorai penonton. Tapi olehraga yang satu ini justru butuh keheningan saat melihat nya. Itu lah olahraga catur.

Tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali olahraga ini ditemukan, masih jadi pertanyaan. 

Namun, sebagian besar sejarawan percaya bahwa catur berasal dari India sekitar abad ke-6 Masehi oleh para pedagang islam dari india. 

Catur berasal dari kata modern yakni 'shatranj' yang merujuk dalam bahasa Farsi dan Arab. Namun, kata tersebut ternyata bukan titik awal catur. Permainan ini berasal dari bahasa Sansekerta yakni 'Chaturanga' atau 'chatur' yang berarti 'empat anggota tentara'.

Permainan ini mengandalkan strategi dan otak. Cukup banyak yang menggemari permainan catur dari berbagai kalangan, selanjutnya permainan dibawa menuju ke Persia, disana catur disebut dengan nama shatranj di Sassanid. Mulai dari Persia ini kemudian catur juga mulai dikenal di seluruh penjuru dunia.

Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern di mana pesertanya hanya dua orang saja.

Buah-buah catur tersebut diperkirakan mendapat bentuknya yang dikenal saat ini pada akhir abad ke-15 di Spanyol, sedangkan aturan catur modern distandardisasi pada abad ke-19.

Saat ini catur juga menjadi salah satu olahraga yang dalam olimpiade hingga tingkat internasional. Catur merupakan sebuah permainan yang dimainkan di atas papan persegi dengan 64 kotak dan 32 buah catur yang dibagi menjadi dua dalam jumlah yang sama yaitu 16 untuk tim terang dan 16 lagi untuk tim gelap.

Permainan catur mengalami perkembangan dari segi permainan sehingga lebih menarik dan lebih seru hingga menjadikan catur sebagai permainan rekreasi paling favorit di Persia. Karena keseruan ini kemudian catur menyebar lagi hingga ke daratan Arab.

Permainan menyebar ke timur, utara, dan barat, dengan karakteristik yang sangat berbeda. Di Timur, dibawa oleh peziarah Buddha, pedagang Jalur Sutra, dan lainnya.

Tujuan dari permainan ini adalah melakukan sekakmat. juara catur dunia pertama yang diakui secara umum, Wilhelm Steinitz, memenangkan gelar kejuaraannya pada tahun 1886. Sejak tahun 1948, Kejuaraan Catur Dunia dikelola oleh Fédération Internationale des Échecs (FIDE), badan pengaturan permainan catur internasional. 

FIDE juga memberikan gelar master seumur hidup kepada pemain-pemain terampil, yang tertinggi adalah Grandmaster (GM).

Sejak paruh kedua, abad ke-20, mesin catur telah diprogram untuk bermain catur dengan tingkat keberhasilan yang semakin meningkat, bahkan hingga ke titik di mana program yang terkuat dapat bermain di tingkat yang lebih tinggi daripada pemain manusia terbaik sekali pun.

Sejak tahun 1990-an, analisis komputer telah memberikan kontribusi yang penting terhadap teori catur, terutama dalam permainan akhir. Komputer IMB bernama Deep Blue menjadi mesin pertama yang dapat menandingi Juara Catur Dunia bertahan dalam pertandingan yang mengalahkan Garry Kasparov pada tahun 1997. (Jael)

Share:
Komentar

Berita Terkini