Persiapan Idul Fitri 1445 H, Pemkab Ciamis Gelar Rakor

Redaktur author photo
Rakor persiapan Pemkab Ciamis menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah

inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis.Herdiat Sunarya memimpin jalannya rapat koordinasi (Rakor) tingkat Kabupaten Ciamis pada Senin (1/4/2024) di Aula Setda Pemkab Ciamis.

Rakor tersebut digelar guna kesiapan pemerintah daerah beserta pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Dalam arahannya, Herdiat menuturkan, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang paling dinanti oleh masyarakat sehingga diprediksi akan banyak masyarakat yang melaksanakan mudik

Sehingga hal tersebut tentu perlu kesiapan semua pihak mengingat Kabupaten Ciamis merupakan jalur perlintasan darat bagi para pemudik, khususnya di Jawa Barat.

Oleh karena itu, Herdiat memerintahkan Dishub untuk dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti TNI POLRI dalam mempersiapkan petugas keamanan di lapangan.

“Siapkan posko pengamanan dan pemantauan arus mudik di beberapa titik lokasi serta sarana prasarana pendukung sarana operasional termasuk antisipasi kecelakaan. 

Selain itu, di bidang kesehatan Herdiat memerintahkan untuk menyiapkan posko-posko kesehatan serta personil tenaga kesehatan yang dapat bersiaga satu kali dua puluh empat jam setiap harinya.

“Kaitan dengan kesiapan layanan kesehatan utamakan posko-posko kesehatan di jalur protokol serta sarana penunjang lainya harus benar-benar siap seperti mobil ambulance yang siap pakai.

Kemudian terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri tingkat Ciamis  dikatakan Bupati untuk  para Camat diharapkan melaksanakan solat di tempat dimana bekerja.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP  Akmal menambahkan bahwa untuk pemudik tahun ini diprediksi akan mengalami kenaikan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Diprediksi momen lebaran kali ini yang menggunakan kereta apai 9, 3  Juta pemudik  37, 5 Juta  Mobil umum dan mobil pribadi 35, 4 juta  yang menggunakan sepeda motor 31,1 Juta   pemudik yang melintasi Jawa Barat,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan pengamanannya sendiri, Ia melaporkan bahwa POLRI akan menerjunkan sebanyak 241 untuk TNI sendiri 60 personil dengan dibantu oleh dinas-dinas terkait  lainya.(Diki).

Share:
Komentar

Berita Terkini