Senyap Jadi Tuan Rumah MTQ se Jabar, Pj Bupati Bekasi: Abis Lebaran Kita Publikasikan

Redaktur author photo
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan

inijabar com, Kabupaten Bekasi- Persiapan penyelenggaraan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur'an) Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 yang akan digelar di Kabupaten Bekasi mulai 27 April hingga dengan 5 Mei 2024 belum ada woro-woro di masyarakat.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengakui persiapan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat baru mencapai 60 persen.

“Ya, terkait persiapan dari sisi konsep, desain, data-data bahkan untuk beberapa hal sudah mulai produksi, seperti dekorasi dan persiapan awal lainnya, “ ujarnya saat rapat persiapan dengan Forkopimda pada 4 Arpil 2023.

Dirinya menyebut pasca Idul Fitri 1445 hijriah akan digencarkan publikasi acara MTQ tingkat Jawa Barat tersebut.

“Ya, habis lebaran ini publikasinya akan kita gencarkan,” ucapnya. 

Bahkan dirinya sudah mengintruksikan kepada seluruh camat untuk mensosialisasikan terkait Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi Jawa kepada masyarakat.

“Publikasi kita sebarkan melalui media ruang, spanduk-spanduk dan penyampaian di setiap pertemuan agar masyarakat terinformasikan dan bisa hadir pada kegiatan MTQ tingkat Jawa Barat yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat, kata Dani, memang tidak mudah, bahkan harus menunggu 26 tahun dan ini menjadi kesempatan yang sangat berharga.

“Kita jadi tuan rumah MTQ ini tidak mudah, harus nunggu 26 tahun dan baru sekarang dapat kesempatan, dan ini menjadi kesempatan yang sangat berharga, untuk menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi memang agamis, cinta Al-Qur'an,” ujarnya. 

Selain itu, lanjut Dani, MTQ tingkat Jawa Barat juga bisa dijadikan ajang untuk melihat bagai mana daerah lain melakukan pelatihan terhadap seni tilawah Al-Qur'an. Sehingga memotivasi generasi muda Kabupaten Bekasi untuk menjadi generasi penerus yang agamis dan cinta Al-Qur'an. 

 

Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan MTQ kali ini menjadi tuan rumah yang baik kepada para tamu atau kafilah dari luar kota.

"Kita sudah koordinasi para camat, pondok pesantren sekolah-sekolah secara bergilir untuk hadir, mulai dari pawai ta'aruf, menyambut kedatangan para kafilah dari luar, di acara pembukaan dan di semua tempat perlombaan, untuk bisa memeriahkan acara MTQ ini," terangnya. 

Masyarakat Kabupaten Bekasi juga bisa ikut memberikan informasi mengenai Kabupaten Bekasi, baik wisata industri, kiliner dan produk khas UMKM Kabupaten Bekasi. 

"Sebagai tuan rumah tentunya kita berharap menjadi Juara Umum, oleh karena itu dari persiapan juga sudah sangat optimal tetapi juga terkait hasil tetap kita serahkan kepada Allah SWT," ujarnya. 

Dirinya berharap digelarnya MTQ Jawa Barat di Kabupaten Bekasi dapat berlangsung dengan sukses. Baik sukses sebagai penyelenggara, sukses prestasi, sukses administrasi serta berdampak positif untuk ekonomi masyarakat.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini