|
Menu Close Menu

Ini Dia Sosok Muda Dibalik Program PLTSa TPA Sumur Batu

Rabu, 01 Mei 2019 | 15.23 WIB
Tenno Sujarwanto, pemilik PT.NWA pengelola PLTSa TPA Sumur Batu. Bantar Gebang.
inijabar.com, Kota Bekasi- Terkait pengelolaan PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) di TPA Sumur Batu, kecamatan Bantar Gebang yang sudah tiga gagal diuji coba. Termasuk uji coba yang ketiga kali Senin malam (29/4/2019) yang keluar asap hitam dari cerobong asap.

PT.Nusa Wijaya Abadi (NWA) sebagai pihak perusahaan yang mengelola teknologi tersebut dinilai banyak kalangan tidak layak digunakan lagi. Tenno Sujarwanto adalah sosok pemilik PT.NWA yang masih belum banyak dikenal masyarakat kota Bekasi.

Dari beberapa informasi anak muda tersebut merupakan anak dari pemilik Yayasan Al Azhar Harapan Indah.

Terkait soal teknologi PLTSa di TPA Sumur Batu yang dikelolanya, Tenno mengungkapkan, soal kerjasama dengan Pemkot Bekasi.

"Ada beberapa hal yang harus diketahui masyarakat Kota Bekasi, 1) kita tanpa tiping fee 0 rupiah, modal sendiri tidak ada apbd Pemkot 1 rupiah pun 2) dalam hal ini kami membantu Pemkot dalam lingkungan dan effesiensi 3) selama ini warga teracuni bau sampah dan air lindi 4) kami hadir membantu masyarakat Silahkan pelajari permen KLHK no 70 tahun 2016 tentang emisi gas buang,"ungkap Tenno.

Selain itu, kata dia, soal hasil lab bukan kami yang menghadirkan tapi Pemkot dalam hal ini DLH (Dinas Lingkungan Hidup).

"Dan kami hadir untuk membantu dan meringankan Pemkot dalm hal ini DLH perihal sampah, yang bahaya adalah sampah menggunung dan air lindi ke dalam tanah Silahkan pelajari UU no 18 tahun 2008 dan permen KLHK no 70 tahun 2016. Pertanyaan saya hasil lab ini yang membahayakan yang mana?."tanyanya.

Seperti diketahui beberapa hari lalu warga Sumur Batu dikejutkan oleh keluarnya asap hitam dari cerobong asap mesin PLTSa TPA Sumur Batu. Malam itu warga langsung ke TPA Sumur Batu untuk memprotes mesin tersebut yang mengeluarkan asap hitam. Dan akhirnya UPTD TPA Sumur Batu pun menghentikan operasional mesin tersebut.(*)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->