Emil Kagum Persembahan Opera Kolosal Ciung Wanara Siswa di Bandung

Redaktur author photo
Opera Siung Wanara persembahan siswa SD sampai Mahasiswa di Bandung dapat apresiasi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.
inijabar.com, Bandung- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kagum dengan penampilan siswa-siswi yang menanpilkan opera legenda kolosal Ciung Wanara di teater tertutup Taman Budaya Jawa Barat (TBJB), Kota Bandung. Kamis (1/8/2019).

Seniman besar Jabar Bambang Arayana Sambas yang menjadi pengarah penampilan siswa dari tingkat SD sampai mahasiswa itu melibatkan 82 penari. Ridwan Kamil menyambut positif opera Ciung Wanara karena melibatkan generasi muda sebagai pemain maupun sebagai penonton. Dan ini menurut dia bentuk pelestarian budaya.

Pria yang akrab disapa kang Emil itu menegaskan, hal itu menandakan besarnya kekuatan kebudayaan sebagai strategi agar Jabar modern, tanpa lupa melestarikan budaya lokalnya.

"Ini sangat penting supaya anak muda turut ngamumule budaya Sunda," ucap Emil. 

Pergelaran serupa, kata Emil, atau dalam bentuk ekspresi seni lain, bakal digencarkan di berbagai daerah dengan kolaborasi bersama seniman daerah.

Menurutnya, sehebat-hebatnya manusia adalah manusia yang bangga akan budayanya sendiri.

"Kita ini anak Jawa Barat yang budayanya mayoritas Sunda, maka harus paham budayanya. Insyaallah kami akan sering mengadakan pergelaran seperti ini," katanya. 

Pergelaran opera Ciung Wanara yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Jabar ini pun bertujuan untuk meningkatkan peran taman budaya sebagai ruang ekspresi seni bagi para seniman dan budayawan.

Emil mengatakan, karya seni yang diwujudkan para seniman tidak hanya lahir sebagai bentuk karya estetik, tapi selanjutnya juga bisa membuat industri kreatif berbasis seni budaya untuk mengangkat kearifan budaya lokal di Jabar.

"Kami harapkan selain para penonton dapat menikmati karya itu, juga mampu menginterpretasikan pesan moral yang terkandung dalam legenda Ciung Wanara," tandasnya.

Hadir di TBJB, RK didampingi perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar turut menyaksikan pergelaran Ciung Wanara bersama ribuan anak sekolah. (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini