Bawaslu Ciamis Turun Ke Jalan Sosialisasikan Tahapan Masa Tenang

Redaktur author photo
Komisioner Bawaslu Wulan Sarifah saat turun langsung ke jalan (on the road) sosialisasi tahapan masa tenang

inijabar.com, Ciamis- Sosialisasi di jalan (on the road) dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis pada Sabtu (10/2/2024).

Kegiatan sosialisasi tersebut  sebagai langkah pengawasan partisipatif kepada masyarakat Ciamis. 

Menurut Kordiv P2HM (Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat) Bawaslu Kabupaten Ciamis, Wulan Sarifah, pihaknya kali ini turun langsung menyapa masyarakat dalam menghadapi masa tenang, dan pungut hitung nanti. 

Bawaslu berharap masyarakat mengetahui hal-hal apa saja yang dilarang dilakukan peserta pemilu di masa tenang. 

"Dalam UU nomor 7 tahun 2017, masa tenang merupakan masa yang tidak dapat dipergunakan untuk melaksanakan aktivitas kampanye. Hal ini menjadi penting diketahui masyarakat, agar masyarakat ikut berperan aktif mengawasi,"ujar Wulan. Sabtu (10/2/2024).

Dia menambahkan, setelah masyarakat tahu, harapannya masyarakat tidak ragu apalagi takut untuk melapor ke Bawaslu. 

Partisipasi masyarakat dalam pengawasan tahapan pemilu, kata Wulan, menjadi sumber kekuatan dalam mewujudkan pemilu berkualitas. 

Menjadi program Bawaslu khususnya divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, untuk menyampaikan setiap informasi edukasi terkait pengawasan ke Pemiluan.

"Agar masyarakat semakin cerdas, dan matang menentukan pilihannya. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di beberapa titik, yaitu di Alun-alun Ciamis, dan di acara Galuh Culinary Night,"tuturnya.

Wulan menyampaikan isue penting kerawanan Pemilu, dan itu merupakan penting dilakukan semua masyarakat.

"Yaitu tolak politik uang, tolak hoax, tolak politisasi sara, tolak ujaran kebencian, demi terciptanya Pemilu damai, berkualitas dan berintegritas,"tandasnya.(edo).

Share:
Komentar

Berita Terkini