Lonjakan Harga Beras Bikin Bupati Ciamis Khawatir Nasib Warganya

Redaktur author photo
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memberikan bantuan pada warga nya secara simbolik usai acara Tarling.

inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengungkapkan, para camat dan kepala desa untuk senantiasa memantau stok beras milik warga nya.

"Para Camat dan Kepala desa di harapkan selalu memonitor masyarakat, jangan sampai ada yang meninggal karena kelaparan karena terimbas lonjakan bahan pokok,"ucap Herdiat.

Hal itu disampaikannya saat melaksanakan Tarling (taraweh keliling) di eks kawedanan Rancah pada Selasa (19/3/2024) malam.

Lonjakan harga pangan memang sedang menjadi topik utama hampir di semua kalangan.

Pesan yang disampaikan Herdiat, merupakan bentuk kehawatirannya kepada masyarakat Ciamis yang akan terkena imbas dari melonjaknya harga bahan pokok.

"Sejauh ini bersama kita ketahui setiap bulannya Pemkab Ciamis menyalurkan kurang lebih 200 Ton beras bagi masyarakat di Kabupaten Ciamis,"ungkapnya.

Herdiat juga menyatakan, Pemda Ciamis saat ini sedang terus berupaya mencari cara guna menyetabilkan harga di pasar yang benar-benar pas, salah satunya dengan pasar murah di beberapa titik.

"Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya berimbas kepada masyarakat, tetapi setidaknya dapat sedikit banyak menekan harga-harga di pasaran,"imbuhnya.

Kemudian berkaitan dengan penstabilan bahan pokok di pasaran, Herdiat mengungkapkan, Pemda bisa saja menyetabilkan harga di pasaran. Namun beliau tidak mau ambil langkah gegabah.

"Kalo harga bahan pokok di kita lebih murah, yang ditakutkan ada pembelian besar besaran dari pihak luar daerah. Sehingga nantinya kita bisa mengalami krisis pangan,"katanya.

Herdiat menyampaikan juga apresiasinya kepada masyarakat atas kepeduliannya terhdap zakat, infaq dan sodaoqoh yang dikelola Bazanas Ciamis.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan beberapa penyerahan, salah satunya 5 Unit motor bagi UPZ Kecamatan se Eks Kewadanaan Rancah, Beasiswa santri, 940 paket sambako bagi masyarakat tidak mampu dan juga penyerahan-penyerahan lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Wabup Ciamis, unsur Forkopimda, para kepala SKPD Ciamis, tokoh agama, tokoh masyarakat dan  tamu undangan lainnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini